Menanti Pembuktian Julia Gillard

Besok Pemilu Australia

Menanti Pembuktian Julia Gillard
Menanti Pembuktian Julia Gillard
SYDNEY - Perdana Menteri (PM) wanita pertama Australia Julia Gillard akan bertarung mempertaruhkan karir politiknya dalam pemilu nasional yang akan dihelat besok (21/8). Dalam pertaruhan besarnya itu, wanita 48 tahun tersebut akan menghadapi ancaman tercatat dalam sejarah sebagai perdana menteri dengan masa jabatan tersingkat.

   

Gillard naik takhta sebagai PM melalui proses kontroversial kudeta internal Partai Buruh yang melengserkan pendahulunya Kevin Rudd. Namun tenggat pemilu yang begitu sempit belum cukup mengatrol popularitas wanita lajang tersebut. Dalam beberapa survei mutakhir, Gillard hanya menang tipis dengan rival terdekatnya Tonny Abbott.

Kekalahan wanita kelahiran Welsh tersebut, akan sekaligus mematahkan kekuasaan Partai Buruh yang baru pertama kali sejak Perang Dunia II. Dan akan mengembalikan kekuasaan pada Partai Liberal atau Koalisi Nasional, dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Jika benar kalah, pemilu kali ini juga akan mengakhiri periode dramatis dari pergolakan politik di Australia. Dimulai dari merosotnya popularitas Rudd dan kemudian diikuti oleh pelengserannya dari dalam Partai Buruh.

SYDNEY - Perdana Menteri (PM) wanita pertama Australia Julia Gillard akan bertarung mempertaruhkan karir politiknya dalam pemilu nasional yang akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News