Mengejutkan! 300 Mahasiswa Palsukan Nilai

Mengejutkan! 300 Mahasiswa Palsukan Nilai
Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - jpnn.com - Seratus lebih mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako Palu, Sulteng, dikeluarkan alias dicoret. Mereka terbukti melakukan pemalsuan nilai.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Sutarman Yodo SH MH kepada Radar Sulteng (Jawa Pos Group) di Kampus Untad Kelurahan Tondo, Kamis (19/1).

Sutarman mengatakan, dari jumlah 300 mahasiswa yang terbukti melakukan pemalsuan nilai, 100 lebih terpaksa dikeluarkan.

Mereka yang dikeluarkan itu, karena tingkat pelanggarannya dianggap sangat berat dan tidak bisa lagi ditoleransi.

“Kami mengklasifikasi tingkat pelanggaran mereka dan jumlah mata kuliah. Itulah yang jadi pertimbangan kami sehingga memutuskan, ada yang terpaksa dikeluarkan dari Untad,” terangnya.

Dijelaskan, kasus pemalsuan yang terjadi di FKIP merupakan kasus yang cukup menarik. Kasus tersebut terungkap setelah dirinya menerima laporan dari Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan atau BAKP.

Awalnya terindikasi, ada beberapa nama mahasiswa yang akan diwisuda melakukan pemalsuan nilai. Yakni mahasiswa angkatan 2008, 2009 dan 2010.

“Mulai dari situ, saya langsung perintahkan PD 1 melalui dekannya, untuk segera mengevaluasi lulusan angkatan 2010 ke bawah. Hasil evaluasi sangat mengagetkan. Ternyata sangat banyak jumlahnya yakni 300 orang yang melakukan pemalsuan nilai,” ujar Sutarman dengan memik wajah serius.

Seratus lebih mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako Palu, Sulteng, dikeluarkan alias dicoret. Mereka terbukti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News