Menteri Marwan Minta Keunikan Daerah Jadi Sumber Penghasilan

Menteri Marwan Minta Keunikan Daerah Jadi Sumber Penghasilan
Menteri Marwan Minta Keunikan Daerah Jadi Sumber Penghasilan

jpnn.com - JAKARTA - Peranan ekonomi kreatif dalam perekonomian nasional terus meningkat. Pada 2013 lalu, kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 6,9 persen.

Jumlah itu meningkat menjadi 7,6 persen pada tahun lalu. Sementara, tahun ini jumlahnya diperkirakan akan meningkat hingga sembilan persen. Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar data tersebut menunjukkan perilaku konsumtif terhadap produk ekonomi kreatif terus meningkat.

“Fenomena ini menjadi insentif bagi masyarakat daerah tertinggal mewujudkan ide-ide kreatif dalam mengolah sumberdaya yang ada di sekitarnya menjadi suatu produk yang bernilai ekonomis tinggi karena keunikan dan daya kreativitasnya" ujar Marwan, Senin (9/3).

Marwan meyakini, peluang itu terbuka lebar. Sebab, daerah tertinggal memiliki segudang keunikan budaya yang sudah berlangsung turun temurun. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi sumber penghidupan masyarakat selama ini.

“Yang penting produk tersebut ada muatan corak budaya atau citarasa khas daerah yang membuatnya unik menarik di mata konsumen, bisa dijadikan souvenir, hadiah atau semacamnya," tegas Marwan. (gir/jpnn)

 

 


JAKARTA - Peranan ekonomi kreatif dalam perekonomian nasional terus meningkat. Pada 2013 lalu, kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News