Misi Panser: Taklukkan Ghana, Jaga Tradisi

Misi Panser: Taklukkan Ghana, Jaga Tradisi
LAWAN - Para pemain Ghana dalam laga melawan Australia, di Rustenburg, 19 Juni lalu. Foto: Robert Cianflone/Getty Images/FIFA.com.
JERMAN punya tradisi bagus di Piala Dunia. Dari 17 kali keikutsertaan, Der Panzer - sebutan Jerman - hanya sekali terhenti di babak penyisihan grup. Itu terjadi pada Piala Dunia 1938 silam.

Setelah itu, Jerman tak pernah terjegal di fase penyisihan grup. Bahkan Jerman pernah merasakan tiga kali juara (1954, 1974, 1990), empat kali runner up, dan dua kali menempati posisi ketiga. Karena itu hasil itu timnas Jerman dijuluki pula sebagai tim spesialis turnamen.

Nah, di Piala Dunia 2010 Afsel, langkah Jerman kurang mulus di babak penyisihan grup. Setelah menang meyakinkan 4-0 atas Australia di pertandingan pertama Grup D, di partai kedua tim Panser tumbang 0-1 di tangan Serbia.

Dengan hasil itu, Jerman terancam mengulang "prestasi" Piala Dunia 1938. Itu terjadi jika pada pertandingan dini hari nanti di Stadion Soccer City, Johannesburg (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB) Jerman gagal mengalahkan Ghana, serta di waktu yang sama Serbia bisa mengalahkan Australia. Tidak ada jalan lain, untuk menghindari malu dan mengamankan satu tiket ke babak 16 besar, mau tidak mau Jerman harus bisa mengalahkan The Black Stars, sebutan timnas Ghana.

JERMAN punya tradisi bagus di Piala Dunia. Dari 17 kali keikutsertaan, Der Panzer - sebutan Jerman - hanya sekali terhenti di babak penyisihan grup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News