Gunung Agung Erupsi

Misteri Putih dan Kelabu Asap Gunung Agung

Misteri Putih dan Kelabu Asap Gunung Agung
Abu vulkanik yang diluncurkan Gunung memiliki dua warna berbeda, putih dan kelabu. Ini salah satu keunikan Gunung Agung yang tidak dimiliki gunung lain. Foto: Alit Binawan/Radar Bali

jpnn.com, BALI - Erupsi Gunung Agung di Bali diprediksi akan berlangsung lebih lama dari Gunung Merapi di tengah Pulau Jawa. Hal ini berdasarkan sejarah letusan 1963, erupsi terjadi hampir setahun.

Sebagai perbandingan lamanya erupsi yaitu Gunung Sinabung, sudah tiga tahun belum berhenti erupsi.

Narasumber Kebencanaan Dan Mitigasi Bencana Kementerian Pekerjaan Umum, Lesto Prabhancana menilai Gunung Agung memiliki karakteristik unik dibandingkan gunung api lainnya di Indonesia. Pria asal Jogjakarta itu mengaku masih heran, kompensasi dari kegempaan ribuan kali hanya erupsi seperti saat ini.

Lesto mengaku belum pernah melihat asap kawah seperti di Gunung Agung. Kemarin puncak Gunung Agung mengeluarkan asap dua warna, yakni putih dan kelabu.

"Ada dua hal yang menyebabkan warna asap berbeda. Perkiraan pertama, asap yang keluar dari kawah gunung memiliki karakter bebatuan berbeda namun dari satu sumber yang sama. Atau dua asap berbeda itu memiliki sumber berbeda," katanya seperti dikutip dari Radar Bali.

Namun, yang dikhawatirkan Lesto yakni dua sumber asap tersebut menyatu. Jika itu terjadi, maka akan terjadi letusan berbeda. “Artinya ada proses letusan yang tidak biasa. Saya baru baru kali ini melihat dua asap berbeda, baru di Gunung Agung,” tuturnya.

Gunung Agung juga kerap membuat kejutan mendadak. Minggu malam lalu tiba-tiba muncul cahaya. Lesto memprediksi magma Gunung Agung belum keluar semuanya.

Magma masih mengumpul di atas menunggu antrean dorongan dari bawah lebih kuat. “Gunung Agung ini tidak bisa dihitung seperti matematika. Banyak faktor yang harus diperhatikan,” bebernya.

Gunung Agung juga kerap membuat kejutan mendadak. Minggu malam kemarin, tiba-tiba muncul cahaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News