Nasionalisme PNS Daerah Kian Pudar

Nasionalisme PNS Daerah Kian Pudar
Nasionalisme PNS Daerah Kian Pudar
JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Edy Topo Ashari mengaku prihatin dengan kondisi PNS di daerah. Dia melihat rasa nasionalisme PNS di daerah semakin memudar karena rasa kedaerahan yang sempit dan berlebihan serta tidak adanya tour of area, yang akan membahayakan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

"BKN sulit melakukan penataan sistem kepegawaian nasional karena adanya rasa egoisme sektoral/daerah, seiring dengan diberlakukannya otonomi daerah," ungkap Edy di Kantor Kementerian PAN&RB, Senin (7/3).

Egoisme sektoral di daerah,  kata Edy akan berimplikasi pada kecenderungan dalam proses rekrutmen dan pengangkatan jabatan yang didasarkan pada putra daerah sebagai penafsiran sempit dari pemda terhadap otonomi daerah. Juga muncul gejala nepotisme dan primordialisme, sehingga tidak didasarkan pada kompetensi dan prestasi kerja.

"Terhambatnya mobilitas horizontal dan vertikal antar daerah, sehingga berdampak pada kaderisasi pimpinan di tingkat provinsi maupun nasional," ujarnya.

JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Edy Topo Ashari mengaku prihatin dengan kondisi PNS di daerah. Dia melihat rasa nasionalisme PNS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News