Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Daur Ulang Limbah Menjadi Sabun di Blitar

Orang Muda Ganjar Gelar Pelatihan Daur Ulang Limbah Menjadi Sabun di Blitar
Pelatihan pembuatan sabun yang diadakan Orang Muda Ganjar. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, BLITAR - Orang Muda Ganjar (OMG) menyelenggarakan pelatihan kreatif yang bertema mengolah limbah menjadi sabun multifungsi di Guest House Faras, Desa Kauman, Kecamatan Srengat, Blitar.

Ketua OMG Kota Blitar, M. Saiful Rohman menjelaskan pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan membuat sabun detergen kepada kaum milenial dengan memanfaatkan limbah sehari-hari.

Sabun yang dihasilkan dari pelatihan ini berfungsi untuk mencuci pakaian dan membersihkan peralatan dapur seperti mencuci piring.

"Kami mengadakan pelatihan membuat sabun multifungsi. Harapannya teman-teman milenial bisa memanfaatlan bahan limbah salah satunya bisa menjadi detergen," kata Saiful dalam siaran persnya, Sabtu (29/7).

Kegiatan itu didukung oleh narasumber yang kompeten di bidangnya dan merupakan hasil kolaborasi OMG dengan Forum Silatul Afkar, Gerakan Pemuda Kecamatan Srengat, dan karang taruna.

Sabun yang dihasilkan dalam pelatihan ini menggunakan limbah minyak goreng, air pembusa, zat pewarna, air campuran, dan bahan-bahan lainnya yang sudah didaur ulang. Saiful menegaskan bahwa produk sabun yang dihasilkan telah melalui uji keamanan sehingga aman digunakan.

"Peserta diajarkan tentang bahan-bahan yang digunakan dan proses pengolahannya hingga menjadi sebuah produk," jelas Saiful.

Dengan pelatihan ini, Saiful berharap para peserta, terutama kaum milenial dapat membuat sabun dengan kreativitas mereka sendiri untuk digunakan di rumah, sekaligus berpotensi memperjualbelikannya, sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi para peserta.

Sukarelawan Orang Muda Ganjar mengadakan pelatihan pembuatan sabun detergen dari limbah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News