PAN Yakin Konfederasi Diakomodasi UU

PAN Yakin Konfederasi Diakomodasi UU
PAN Yakin Konfederasi Diakomodasi UU
JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) sangat optimistis gagasan konfederasi yang didorongnya bakal diakomodasi dalam revisi UU Parpol dan UU Pemilu Legislatif. Rasa percaya diri itu muncul setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai sesama parpol mitra pemerintah menunjukkan respons positif.

"Kami memang semakin optimistis. Semuanya jelas akan diuntungkan dengan konfederasi," kata Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto di Jakarta, Sabtu (24/7).

Dalam konsep konfederasi, parpol bergabung dengan satu bendera untuk menghadapi pemilu. Namun, esensi dari parpol yang menjadi anggota konfederasi tidak hilang. Bisa jadi dalam pemilu nanti muncul gambar baru untuk melambangkan parpol-parpol yang bergabung. Jadi, itu berbeda dengan fusi atau melebur total.     

Menurut dia, parpol-parpol anggota Sekretariat Gabungan (Setgab) semakin memahami gagasan PAN. Konfederasi, tegas Bima, sama sekali tidak bertujuan menggerogoti Setgab. "Juga bukan aliansi politik taktis berjangka pendek," ujar Bima.

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) sangat optimistis gagasan konfederasi yang didorongnya bakal diakomodasi dalam revisi UU Parpol dan UU Pemilu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News