Panen Perdana Program PATB Padi di Cilacap Memuaskan, Petani Ucapkan Terima Kasih untuk Kementan

Panen Perdana Program PATB Padi di Cilacap Memuaskan, Petani Ucapkan Terima Kasih untuk Kementan
Petani di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian (Kementan) atas suksesnya panen perdana melalui program perluasan areal tanam baru (PATB) padi. Foto: Kementan.

jpnn.com, CILACAP - Petani di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian (Kementan) atas suksesnya panen perdana melalui program perluasan areal tanam baru (PATB) padi.

Kementan memang terus melakukan upaya pemenuhan kebutuhan stok pangan nasional. Salah satunya melalui program andalan yakni PATB padi.

Ya, PATB adalah program peningkatan produksi padi dengan memanfaatkan lahan baru yang belum pernah ditanami seperti tumpangsari dengan areal perkebunan, kehutanan, lahan rawa, lahan galian eks tambang dan sebagainya.

PATB juga sesuai dengan harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang berupaya produksi pertanian digenjot hingga berlipat-lipat. Terlebih lagi pertanian merupakan sektor ini yang memiliki potensi sangat besar dalam menumbuhkan ekonomi nasional.

“Adanya musibah wabah virus Covid-19 ini tidak boleh membuat aktivitas pertanian berhenti. Kementan akan terus optimalkan SDM pertanian untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan ekspor,” jelasnya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan insan pertanian harus bersyukur karena sektor ini tetap bisa survive dalam menyediakan pangan bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

"Salah satu yang mendukung capaian ini adalah peran Kostratani, yaitu diharapkan mampu memperkuat produksi dan koordinasi stakeholder pertanian seperti penyuluh, petani dan pelaku usaha di tingkat lapangan melalui media digital,” kata Dedi.

Sebagai salah satu sentra padi yang cukup menonjol, Cilacap turut menyumbang tambahan produksi melalui kelompok tani yang tersebar diseluruh kabupaten tersebut.

Kementan terus melakukan upaya pemenuhan kebutuhan stok pangan nasional. Salah satunya melalui program andalan yakni PATB padi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News