Pasar Dilalap Api, Lima Stan Ludes

Pasar Dilalap Api, Lima Stan Ludes
Pasar Dilalap Api, Lima Stan Ludes

jpnn.com - PASURUAN - Kebakaran hebat terjadi di depan Pasar Baru Pandaan kemarin pagi (10/1). Sedikitnya lima stan di depan pasar yang terletak di Jalan Patimura, Kelurahan/Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, itu ludes dilalap api. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Informasi yang dihimpun di lokasi menyebut, percikan api kali pertama terlihat sekitar pukul 04.30 di salah satu stan. Dalam hitungan menit, api membesar dan melalap sejumlah stan di sebelahnya. Empat stan rata dengan tanah alias tidak tersisa. Satu stan lainnya rusak parah.

Lima stan yang terbakar tersebut milik para pedagang kaki lima (PKL) yang sehari-hari membuka usaha di tempat itu. Dua stan di antaranya adalah warung kopi, dua stan lainnya merupakan tempat pembuatan jok sepeda motor, dan satu stan lainnya salon.

Menurut Wiji Widayat, pemilik salon yang terbakar, dirinya mengetahui kebakaran saat api sudah melalap stan warung di samping salon miliknya. Saat itu dia tertidur di dalam salonnya. Dia pun terbangun saat merasakan hawa panas. Saat keluar, dia dikagetkan dengan api yang melalap stan di sebelah salonnya. Wiji pun lantas menyelamatkan diri. Tidak lama kemudian, api merembet dan melalap stan salonnya.

Api berkobar cepat. Wiji dan sejumlah warga sekitar tidak bisa bertindak karena tidak ada sumber air di sekitar lokasi kebakaran. ''Kami tidak bisa berbuat apa-apa karena apinya terus membesar,'' ungkapnya.

Kobaran api akhirnya baru bisa dijinakkan sekitar pukul 05.30. Dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari PT HM Sampoerna dan Pemkab Pasuruan yang dibantu truk tangki air dari Prigen mendatangi lokasi kejadian.

Sampai tadi malam, penyebab kebakaran belum diketahui. Polisi menduga kebakaran dipicu korsleting atau hubungan pendek. ''Dugaan sementara karena korsleting listrik,'' kata Iptu Bambang Tri, Kanitreskrim Polsek Pandaan. (and/mie/dwi/mas/jpnn)


PASURUAN - Kebakaran hebat terjadi di depan Pasar Baru Pandaan kemarin pagi (10/1). Sedikitnya lima stan di depan pasar yang terletak di Jalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News