PD 2010 Bakal Dongkrak PDB Afsel

PD 2010 Bakal Dongkrak PDB Afsel
Presiden Afsel Jacob Zuma di salah satu stadion calon penyelenggara PD 2010. Foto: AFP.
JOHANNESBURG - Piala Dunia (PD) FIFA 2010 diyakini bakal mendongkrak angka Produk Domestik Bruto (PDB) Afrika Selatan (Afsel), hingga 0,5 persen tahun ini. Perkiraan itu, sebagaimana ditulis Bloomberg dan dirilis situs BusinessWeek, Kamis (18/2) dinihari WIB, dibuat berdasarkan bayangan hadirnya tak kurang dari 450 ribu orang ke negeri tuan rumah demi menyaksikan langsung turnamen paling diminati di dunia tersebut.

Pemerintah Afsel sendiri, disebutkan sejauh ini telah membelanjakan anggaran mencapai 33 miliar Rand atau USD 4,3 miliar, terutama untuk membangun dan merenovasi 10 stadion yang akan dipakai dalam pertandingan-pertandingan PD. Anggaran itu, sebagaimana disebutkan Menteri Keuangan Afsel, juga dipakai untuk meningkatkan fasilitas dan kapasitas bandara, serta menambah jalan-jalan utama, demi iven akbar yang bakal berlangsung mulai Juni mendatang itu.

Dilaporkan lagi, selama masa persiapan untuk menggelar kegiatan ini saja, sudah lebih dari 130 ribu lapangan kerja diciptakan, terutama dalam proses konstruksi stadion, sepanjang 2007 sampai 2010. Ini merupakan sesuatu yang diklaim sebagai salah satu solusi mengatasi pengangguran di negeri itu, di mana sebelumnya tercatat satu dari empat orang warganya berstatus tak bekerja.

"Bersiap untuk Piala Dunia FIFA 2010, memberikan kami kesempatan sekali seumur hidup, dan ini merupakan sesuatu yang tidak akan disia-siakan," ungkap sang Menkeu. "(Peristiwa) ini telah menjadi semacam katalis bagi investasi sumber daya manusia maupun fisik di negeri ini," tambahnya.

JOHANNESBURG - Piala Dunia (PD) FIFA 2010 diyakini bakal mendongkrak angka Produk Domestik Bruto (PDB) Afrika Selatan (Afsel), hingga 0,5 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News