Pemda Harus Ikut Ritme Pusat

Pemda Harus Ikut Ritme Pusat
Pemda Harus Ikut Ritme Pusat

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, kelembagaan pemerintah seharusnya tidak lagi dipandang seperti gajah gemuk yang tidak dapat bergerak.

Kelembagaan pemerintah harusnya bisa menjadi mesin birokrasi yang menggerakkan secara efektif untuk menyelesaikan setiap problem kebangsaan yang muncul dengan cepat, tepat, dan efisien, bukan malah memberatkan.

"Aspek tatanan kelembagaan pemerintahan sangat menentukan peran dan kewenangan setiap lembaga pemerintah," kata Azwar di Jakarta, Senin (2/12).

Dia juga mengatakan, hubungan antarlembaga selayaknya mengarah pada simbiosis mutualisme. "Pemerintah hendaknya dapat berbagi peran dengan sektor swasta dan masyarakat yang disebut sebagai government role in public provision,” imbuhnya.

Instansi pusat, lanjut politisi PAN ini, merupakan kepala sekaligus pengatur  ritme kebijakan di daerah. Sedangkan daerah merupakan tangan, badan, dan kaki, yang kesemuanya mendukung langkah gerak. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, kelembagaan pemerintah seharusnya tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News