Pemerintah Diminta Tolak Dana Aspirasi Rp 20 Miliar

Pemerintah Diminta Tolak Dana Aspirasi Rp 20 Miliar
Pemerintah Diminta Tolak Dana Aspirasi Rp 20 Miliar

jpnn.com - JAKARTA- Mantan Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida meminta pemerintah menolak usulan dana aspirasi anggota DPR yang mencapai Rp 20 miliar untuk setiap anggota.

Di samping melabrak sejumlah aturan, dana aspirasi tersebut berpotensi merusak sistem perencanaan nasional. Selain itu, dana aspirasi tersebut juga kental dengan konflik kepentingan.

"Secara keseluruhan, dana aspirasi tersebut mencapai lebih dari Rp 11 triliun. Itu jumlah yang sangat fantastis," kata Laode Ida pada JPNN, Kamis (11/6).

Dia menambahkan, masyarakat desa sudah ada dana alokasi yang jumlahnya mencapai miliaran setiap tahun. "Jangan sampai karena ada dana aspirasi, lalu UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa tidak jalan," tambah La Ode.

Selain dana alokasi desa, masih ada pula dana lain yang mengucur ke pedesaan melalui program APBN dan  APBD tiap tahun. "Saya khawatir, dana aspirasi politikus hanya akal-akalan saja," tegas La Ode. (fas/jpnn)


JAKARTA- Mantan Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida meminta pemerintah menolak usulan dana aspirasi anggota DPR yang mencapai Rp 20 miliar untuk setiap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News