JPNN.com

Pemerintah Harus Memberikan Stimulus Besar Kepada UMKM

Jumat, 12 Juni 2020 – 21:11 WIB
Pemerintah Harus Memberikan Stimulus Besar Kepada UMKM - JPNN.com
Mukhamad Misbakhun bicara stimulus ke UMKM di masa pandemi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengatakan pemerintah memang harus membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19 dengan berbagai stimulus ekonomi.

Pasalnya, pelaku UMKM merupakan yang paling terpukul akibat wabah Corona.

Kondisi itu menurutnya berbeda dengan krisis ekonomi 1998, di mana pelaku UMKM menjadi pihak yang diuntungkan akibat pelemahan nilai tukar Rupiah.

Saat itu yang terjadi harga barang-barang di Indonesia jadi sangat murah. Dampaknya, produk UMKM Indonesia sangat laku di dunia, ekspor meningkat.

"Krisis itu selalu mendapatkan dua sisi, siapa yang diuntungkan siapa yang menjadi korban. Pada situasi saat ini karena ada social distancing, ada physical distancing, maka yang terjadi UMKM kitalah yang pertama kali terpukul. Dunia menghadapi tekanan ekonomi yang sangat dalam, inilah yang harus diselesaikan pemerintah," ucap Misbakhun.

Hal tersebut disampaikan politikus Golkar itu dalam webinar Bisnis Talk JPNN.com dan GenPI.co bertajuk "Memulai Kembali Usaha di Era New Normal". Diskusi yang berlangsung secara virtual melalui Zoom dan live Yotube JPNN.com, Jumat (12/6).

Misbakhun menyampaikan bahwa dampak pandemi Covid-19 terhadap ekonomi sangat besar.

Kebijakan lockdown di berbagai negara membuat permintaan secara agregat terhenti. Pabrik-pabrik tidak bisa berproduksi, pemintaan pun menyusut sangat dalam.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...