Pemerintah Pilih Boeing Business Jet

Sebagai Pesawat Kepresidenan

Pemerintah Pilih Boeing Business Jet
Foto : Boeing.Com
JAKARTA – Pemerintah memutuskan akan membeli pesawat Business Jet 2 buatan Boeing untuk pesawat kepresidenan. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi menyatakan, pemilihan pesawat jenis itu karena sudah didasarkan pada pertimbangan yang matang.

Berbicara pada rapat kerja (raker) di Komisi II DPR, Senin (31/5), Sudi menyatakan, untuk memilih pesawat kepresidenan tersebut pemerintah sudah melakukan telaah dengan melibatkan pihak-pihak terkait yang kompeten tentang pesawat seperti TNI AU maupun Garuda Indonesia Airways. Dari pembicaraan di tingkat pemerintah, keputusan pembelian Boeing Business Jet 2 karena banyak pertimbangan.

“Pertimbang annya antara lain adalah reputasi Boeing sebagai perusahaan pembuat pesawat terbang ternama yang sudah memiliki kepercayaan dunia. Boeing juga memiliki pesawat Boeing Business Jet 2 yang siap untuk di-delivery (dikirim) dalam waktu dekat apabila Pemerintah Indonesia segera memastikan untuk membeli,” ujar Sudi.

Pertimbangan teknis lainnya, lanjut Sudi, karena penerbang nasional terutama dari Garuda dan TNI AU juga lebih terbiasa mengoperasikan pesawat jenis Boeing dibandingkan pesawat–pesawat dari pabrikan lain. Selain itu, baik TNI AU maupun Garuda juga memiliki dukungan fasilitas dan kemampuan dalam pemeliharaan Boeing.

JAKARTA – Pemerintah memutuskan akan membeli pesawat Business Jet 2 buatan Boeing untuk pesawat kepresidenan. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News