Pemerintah Segera Launching KUR TKI

Pemerintah Segera Launching KUR TKI
Pemerintah Segera Launching KUR TKI

JAKARTA—
Pemerintah akan segera melaunching penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)  khusus TKI sebelum akhir tahun. Menurut rencana launching akan dilakukan pada  29 November  di Sidoarjo dan segera disosialisasikan secara nasional.

"Selama ini para TKI tak jarang harus melakukan pinjaman ke rentenir bahkan harus menjual harta benda mereka hanya untuk modal bekerja keluar negeri. Pada beberapa kasus, gaji TKI selama setahun kerja justru habis begitu saja hanya untuk membayar hutang modal keberangkatan mereka," kata Menteri koordinator bidang perekonomian, Hatta Rajasa pada wartawan di Jakarta, Jumat (19/11)

Kondisi inilah yang harus direspon oleh KUR. Menurut Hatta, KUR untuk TKI ini nilainya mencapai Rp18 triliun. Tahun ini yang MOU akan terealisasi sekitar Rp13,1 triliun. Manfaat dari KUR TKI ini bisa mengurangi kemungkinan adanya biaya siluman. TKI juga bisa bekerja tenang karena bisa melakukan cicilan selama 2 tahun. Jadi hasil kerja mereka bisa dikirim untuk keluarga,’’ jelas Hatta.

Selain itu, dengan adanya KUR TKI maka akan terusus administratif secara baik antara Kementrian Tenaga Kerja dan kementrian transmigrasi. Dunia Perbankan juga bisa mudah melakukan akses dan bisa dimanfaatkan pemerintah sebagai database pemberian perlindungan kepada para pahlawan devisa ini.

JAKARTA— Pemerintah akan segera melaunching penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)  khusus TKI sebelum akhir tahun. Menurut rencana launching

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News