Pendaftaran CPNS 2021: Tiga Jalur Seleksi Calon ASN

Pendaftaran CPNS 2021: Tiga Jalur Seleksi Calon ASN
Menpan-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan soal pendaftaran CPNS 2021, PPPK, dan CPNS jalur Sekolah Kedinasan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS 2021 jalur sekolah kedinasan.

Pendaftaran seleksi CPNS jalur sekolah kedinasan menjadi semacam membuka rangkaian seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021. 

"Jadi seleksi CASN 2021 itu lewat tiga jalur yaitu CPNS sekolah kedinasan, CPNS umum, dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)," kata Menteri Tjahjo di Jakarta, Selasa (6/4).

Dia mengingatkan, setiap pelamar hanya bisa memilih satu formasi. Misalnya tertarik dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negeri (STAN) dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) maka pelamar cukup memilih satu saja, tidak bisa mendaftar dua sekolah kedinasan.

Pendaftaran sekolah kedinasan dimulai 9 April 2021.

Sebanyak delapan instansi yang membuka rekrutmen yaitu Kementerian Hukum dan HAM; Kementerian Keuangan; Kementerian Perhubungan; Badan Intelijen Negara; Badan Siber dan Sandi Negara; Badan Pusat Statistik, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika; dan Kementerian Dalam Negeri.

Seleksi sekolah kedinasan tahun 2021 akan dilaksanakan dengan Computer Assisted Test (CAT).

Dengan sistem CAT, Menteri Tjahjo menjamin proses seleksi sekolah kedinasan akan adil, transparan, dan bebas KKN. Untuk itu, Menteri Tjahjo mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap praktik penipuan/percaloan yang kerap muncul saat penerimaan sekolah kedinasan. 

Pendaftaran CPNS 2021: para pelamar Calon ASN baik jalur sekolah kedinasan, CPNS, maupun PPPK, hanya bisa memilih satu formasi saja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News