Peringatan Khusus Sebulan Tragedi Norwegia

Peringatan Khusus Sebulan Tragedi Norwegia
Peringatan Khusus Sebulan Tragedi Norwegia
OSLO - Dua insiden pengeboman kantor pemerintahan dan penembakan masal yang mengguncang Norwegia telah sebulan berlalu. Tetapi, duka dan trauma masyarakat masih tertinggal. Untuk menggugah semangat hidup warganya, pemerintah Norwegia menggelar peringatan di Spektrum Hall, pusat Kota Oslo, kemarin (22/8).

Sedikitnya 6.700 warga memadati gedung pertunjukan di ibu kota Norwegia tersebut. Sebagian di antaranya adalah para korban selamat dari serangan maut Anders Behring Breivik beserta para keluarga dan kerabat mereka. Pejabat dan keluarga kerajaan Norwegia pun hadir dalam acara yang digelar untuk mempererat persatuan warga tersebut.

"Kami akan menyambut kepulangan jiwa-jiwa yang tersesat. Tetapi, mereka yang sengaja bertahan di jalur kekerasan terpaksa akan kami tumpas. Kemanapun pergi, para penganut kekerasan itu harus berhadapan dengan kami (pemerintah)," tegas Perdana Menteri Jens Stoltenberg yang kemarin memimpin jalannya acara.

Dalam kesempatan itu, Stoltenberg mengimbau seluruh warga untuk saling membantu. Terutama, membebaskan korban dan keluarga mereka dari trauma berkepanjangan. "Bersama-sama, kita akan mengalahkan kebencian. Mari kita sambut keterbukaan, toleransi, dan rasa kebersamaan dalam masyarakat," lanjut pemimpin 52 tahun tersebut.

OSLO - Dua insiden pengeboman kantor pemerintahan dan penembakan masal yang mengguncang Norwegia telah sebulan berlalu. Tetapi, duka dan trauma masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News