Pernyataan Terbaru Mensos soal Pembagian Bansos Corona di Jakarta dan Jawa Barat

Pernyataan Terbaru Mensos soal Pembagian Bansos Corona di Jakarta dan Jawa Barat
Mensos Juliari P Batubara menyerahkan paket sembako banpres kepada warga DKI, Minggu (3/5). Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan, bantuan sosial (bansos) untuk rakyat miskin terdampak Covid-19 tahap pertama sudah dirampungkan di DKI Jakarta. Selanjutnya pemerintah akan mendistribusikan sembako bansos ke Jawa Barat.

"Untuk Jakarta itu sudah selesai semua," kata Juliari melalui telekonferensi, Jumat (8/5).

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan selanjutnya bansos akan didistribusikan ke Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Tangsel, dan Kabupaten Bogor. Untuk daerah-daerah tersebut akan disalurkan 600 ribu KK.

"Dengan mekanisme yang sama pula yaitu 2 kali penyaluran per bulan. Dan indeks Rp 600 ribu," ucap Juliari.

Menurut dia, pencairan bansos ini dalam sebulan dilakukan 2 kali, yang masing-masing senilai Rp 300 ribu, dan dilakukan selama 3 bulan. Namun, dalam tahapannya nanti tidak hanya berupa sembako.

Dia menerangkan bahwa Presiden Joko Widodo menginstruksikan bansos Jabodetabek berlangsung selama 6 kali tahapan penyaluran itu. Rinciannya 4 penyaluran dalam paket sembako dan 2 kali penyaluran dalam bentuk beras.

"Kemensos dengan Bulog sudah menyepakati bagaimana pembagian-pembagian tahapannya, sehingga nanti total 6 tahapan penyaluran," tandas Juliari. (tan/jpnn)

Menteri Sosial Juliari Batubara menyampaikan update mengenai pembagian bansos corona di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News