Pertamina Mulai Bidik Segmen Oli Kelas Atas

Pertamina Mulai Bidik Segmen Oli Kelas Atas
Pertamina Mulai Bidik Segmen Oli Kelas Atas
SURABAYA -  Setelah menjadi pemimpin pasar pelumas roda empat kelas middle low, Pertamina mengincar pasar oli segmen premium. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan memperluas outlet promosi dan edukasi, Olimart di Surabaya. Rencananya, sebelum akhir tahun akan bertambah dua lagi.

Sinung Wikantoro, sales executive retail I Surabaya sales region V pelumas Pertamina menjelaskan bahwa pada sepanjang paruh pertama tahun ini pihaknya  menjual sekitar satu juta liter per bulan pelumas kendaraan roda empat di 11 area Jatim. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar delapan persen dari posisi 2009.

"Di segmen pelumas otomotif roda empat untuk Surabaya dan sekitrnya, market share pertamina lebih dari 60 persen," kata dia dalam press conference di kantornya kemarin (6/7). Sementara secara nasinal, penguasaan pasar perusahaan pelat merah ini mencapai 55 persen.

Dari jumlah penjualan tersebut, separuh volume penjualan disumbang oleh merek Prima XP, Mesran Super, dan Meditran. " Beberapa waktu terakhir ini akibat kenaikan harga minyak bumi, harga oli juga terkerek. Ditambah dengan penurunan daya beli dan persaingan yang semakin ketat, malah menjadikan Pertamina menguasai pasar pelumas. Sebab konsumen bisa mendapatkan produk Pertamina dengan kualitas setara namun harga lebih murah," terang Sinung. Pertamina saat ini memiliki lebih dari 150 varian oli dengan kisaran harga mulai Rp 20  ribuan hingga  Rp 140 ribuan per liter.

SURABAYA -  Setelah menjadi pemimpin pasar pelumas roda empat kelas middle low, Pertamina mengincar pasar oli segmen premium. Salah satu cara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News