PGRI Usulkan 30 Jam Pelatihan Guru

PGRI Usulkan 30 Jam Pelatihan Guru
PGRI Usulkan 30 Jam Pelatihan Guru
JAKARTA - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berupaya mengadopsi proses peningkatan pendidikan yang berlaku pada persatuan pendidikan malaysia (perpema). Salah satunya dengan mengusulkan minimal 30 jam pelatihan dan seminar untuk meningkatkan kompetensi guru.

Ketua umum PGRI Sulistiyo mengatakan, sistem peningkatan kompetensi guru di Malaysia patut dicontoh. Menurut dia, tidak ada salahnya jika Kementerian Pendidikan Nasional (kemendiknas) belajar untuk mengelola profesionalisme guru dari Malaysia. "Kalau ada yang bagus kan bisa dicontoh," ujarnya saat ditemui pada deklarasi PGRI dan Perpema di Jakarta, kemarin.

Sulistiyo mengungkapkan, Perpema memiliki program peningkatan kompetensi guru yang sistematis. Mereka membuat pelatihan dan seminar yang wajib diikuti oleh setiap guru. Dan diselenggarakan dengan total jam pelaksanaan sebanyak 40 jam. "Ini yang tidak kita punya, tapi bisa diterapkan di Indonesia," ungkapnya.

Anggota DPD asal Jawa Tengah itu mengusulkan kepada pemerintah untuk memberlakukan pelatihan dan seminar yang sistematis juga. Menurut dia meski tak bisa mencapai 40 jam, Indonesia bisa memberlakukannya selama 30 jam. "Itu dengan pertimbangan minimal," tuturnya.

JAKARTA - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berupaya mengadopsi proses peningkatan pendidikan yang berlaku pada persatuan pendidikan malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News