Pilih Beternak, Lahan Transmigran Diterlantarkan

Pilih Beternak, Lahan Transmigran Diterlantarkan
Pilih Beternak, Lahan Transmigran Diterlantarkan
BATULICIN – Banyak lahan pertanian di lokasi transmigrasi di Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, ternyata kurang produktif dan terbengkalai. Para petani di sana tak bisa menanam padi atau jagung karena lokasinya kurang subur. Selain itu, kondisi air juga tidak memadai.

Seperti diberitakan Radar Banjarmasin (grup JPNN), kini mayoritas lahan pertanian tersebut banyak ditumbuhi rumput. Bahkan saluran irigasi sepanjang ratusan meter yang dibangun pemerintah puluhan tahun lalu, juga sudah tidak berfungsi akibat terbatasnya persediaan air.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Tanah Bumbu, M Edward Thurrahman, mengakui adanya lahan transmigran yang terlantar. Edward justru menyarankan kepada petani agar berinisiatif melakukan alih fungsi lahan. Di antaranya, dengan  menanami lahan terlantar itu dengan sayur yang tidak perlu banyak membutuhkan air demi meningkatkan jumlah penghasilan.

Saat ini, kata dia, petani di lokasi tersebut lebih banyak mengembangkan ternak dan berbagai jenis sayur. “Kalau untuk ternak daerah permukiman transmigrasi itu memang sangat cocok. Jadi tidak heran, kalau banyak petani menggembalakan sapi di lahan tersebut,” kata Edward.(kry/ara/jpnn)

BATULICIN – Banyak lahan pertanian di lokasi transmigrasi di Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News