Polres Kuningan Siaga Kebakaran Hutan

Polres Kuningan Siaga Kebakaran Hutan
Apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan di Kuningan. Foto: Humas Polres Kuningan

jpnn.com, KUNINGAN - Polres Kuningan melakukan siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Langkah antisipasi ini diambil mengingat musim kemarau yang berkepanjangan di wilayah Jawa Barat tersebut.

“Di Kuningan terdapat kawasan hutan rakyat seluas 24.845,94 hektare yang tersebar di 32 kecamatan dan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) seluas 8.839,05 hektare,” ujar Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman saat menggelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan 2017 di halaman Polres Kuningan, Rabu (20/9).

Menurutnya, dari data yang ada pada tahun 2014 telah terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak sembilan kali. Tahun 2015 terjadi tiga kali dan setelah itu hingga periode September 2017 terdapat kebakaran sebanyak tiga kali.

“Berbagai upaya antisipasi dan penanggulangan kebakaran telah dilakukan bersama-sama. Polres Kuningan punya komitmen untuk melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda dan lingkungan hidup dari ancaman serta gangguan bencana ini,” lanjut Kapolres.

Untuk antisipasi dan penanggulangan kebakaran di Kabupaten Kuningan, pihaknya melakukan koordinasi dan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, TNI, Perhutani, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan beberapa instansi terkait lainnya.

“Mari luruskan niat, bulatkan tekad untuk bahu membahu menjadikan Kuningan sebagai salah satu kabupaten yang selalu waspada dan tanggap terhadap kebakaran hutan dan lahan," pungkas Yuldi Yusman. (adk/jpnn)


Di Kuningan terdapat kawasan hutan rakyat dan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News