Populasi Kerbau Turun 3 Persen

Populasi Kerbau Turun 3 Persen
Populasi Kerbau Turun 3 Persen
JAKARTA- Tak hanya ternak sapi, penurunan produktivitas juga dialami kerbau. Bahkan populasi kerbau mengalami penurunan sekitar 3 persen per tahun. Oleh karena itu, selain sapi, pemerintah juga serius membangkitkan kembali populasi kerbau.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan, untuk keberhasilan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDS/K) tentu saja diperlukan adanya peningkatan populasi dan perbaikan produktivitas sapi dan kerbau. Soalnya, di dalam program ini tidak hanya untuk kegiatan ternak sapi, tapi juga kerbau.

’’Populasi ternak kerbau di Indonesia pada 2009 sekitar 2,05 juta ekor, tersebar di beberapa provinsi seperti NAD, Sumbar, Sumut, Sulsel, NTB, Jatim, Banten, NTT, Jateng, Sumsel, dan sebagainya,’’ katanya usai membuka semiloka dan festival kerbau di Banten (3/11).

Suswono menambahkan, daging kerbau memiliki peran penting menggantikan daging sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

JAKARTA- Tak hanya ternak sapi, penurunan produktivitas juga dialami kerbau. Bahkan populasi kerbau mengalami penurunan sekitar 3 persen per tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News