Prabowo Tampil Sebagai Presidential Debates, Jokowi Managerial Debates

Prabowo Tampil Sebagai Presidential Debates, Jokowi Managerial Debates
Jokowi dan Prabowo Subianto saat Debat Capres Minggu (17/2) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon menyatakan bahwa presidential debates atau debat calon presiden dan calon wakil presiden adalah forum tertinggi dan terhormat.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto – Sandiaga Uno atau BPN Prabowo – Sandi, itu menjelaskan bahwa presidential debates dan managerial debates sangat berbeda.

Menurut dia, presidential debates lebih menyentuh kepada substansi, sesuatu yang metafora, filosofi, strategis dan bisa menjadi solusi untuk jangka panjang. Sedangkan managerial debates, itu sangat teknis serta terkait angka-angka.

BACA JUGA: Ara Setuju Bongkar Saja Siapa Penguasa Lahan

Dari dua pengertian itu, Fadli menilai capres Prabowo Subianto sudah menampilkan presidential debates sesungguhnya dalam debat Pilpes 2019. Sedangkan yang dipertontonkan capres Joko Widodo atau Jokowi lebih masuk kategori managerial debates.

Menurut Fadli, Jokowi seperti seorang manajer yang menjalankan tugasnya untuk menyelesaikan berbagai persoalan dan melaporkan angka-angka, hasil-hasilnya, dan seterusnya.

“Namun ternyata pascadebat, hasil-hasilnya itu, banyak data yang tidak akurat dan ini menjadi masalah,” kata Fadli dalam diskusi dengan tema "Batasan Norma Dalam Debat Capres" di Media Center DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/2).

Menurutnya, terkait norma dalam debat capres sebenarnya bisa dilihat dari dua hal. Pertama, terkait etika debat itu sendiri. Kedua, apakah ada pelanggaran terhadap aturan, ketentuan atau undang-undang, karena ini juga menyangkut masalah norma.

Fadli menilai capres Prabowo Subianto sudah menampilkan presidential debates sesungguhnya dalam debat Pilpes 2019. Sedangkan yang dipertontonkan capres Joko Widodo atau Jokowi lebih masuk katagori managerial debates.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News