Program Prioritas Satuan Zeni TNI AD, Luar Biasa!

Program Prioritas Satuan Zeni TNI AD, Luar Biasa!
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Satuan Zeni TNI Angkatan Darat menaruh atensi khusus pada pekerjaan pembuatan jalan Wamena-Mamugu yang merupakan prioritas utama kegiatan di tahun 2016. 

Desain konstruksi jalan yang akan dibuka direncanakan lebar 11 meter, badan jalan 6 meter, bahu jalan 3 meter (1,5 meter kanan dan kiri) dan drainase 2 meter (1 meter kanan dan kiri). Dalam struktur organisasi kegiatan, Kepala kegiatan pembangunan ruas jalan Wamena-Mamugu ini adalah Dirziad Brigjen TNI Irwan dan Penanggung Jawab Operasional langsung dibawah pimpinan KSAD Jenderal TNI Mulyono.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Pusat Penerangan TNI, Kolonel Czi. Berlin G di Jakarta, Jumat (25/3).

Berlin menjelaskan jajaran Zeni Angkatan Darat mengerahkan 394 orang personel dengan komposisi POP-1 meliputi Denzipur-10 dan Denzipur-12, mengerjakan ruas jalan Wamena-Habema dan Habema-Mbua. POP-2 yaitu Yonzipur-18, mengerjakan ruas jalan Mbua-Mugi dan Mugi-Paro.

Sedangkan POP-3 dari Yonzikon-14 mengerjakan ruas jalan Paro-Kenyam dan Kenyam-Mamugu, dengan kekuatan tiap POP berjumlah 107 personel. Sementara itu, alat berat yang dibutuhkan dalam pembuatan ruas jalan ini terdiri dari Exavator, Dozer, Grader, Dump Truck, Tandem Roller, Tyred Roller, Vibro dan Tangki Air dengan kebutuhan pembukaan jalan berjumlah 78 unit dan pengaspalan jalan berjumlah 60 unit alat berat.

“Satuan Zeni Angkatan Darat bertugas bukan hanya menebang pohon dan membuka hutan saja, tetapi juga membuat badan jalan. Dengan bekerja paralel, kontraktor umum di belakangnya langsung melakukan pengerasan jalan dan pengaspalan. Hingga akhir 2015 lalu masih tersisa 658 Km jalan yang saat ini masih terputus karena tertutup hutan,”ujar Kolonel Czi Berlin.(fri/jpnn) 


JAKARTA – Satuan Zeni TNI Angkatan Darat menaruh atensi khusus pada pekerjaan pembuatan jalan Wamena-Mamugu yang merupakan prioritas utama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News