Psikolog UI Sempat Menyimpulkan Jessica Lesbian

Psikolog UI Sempat Menyimpulkan Jessica Lesbian
Jessica Kumala Wongso. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Psikolog kondang Sarlito Wirawan mengaku sempat berkesimpulan bahwa Jessica Kumala Wongso‎ yang kini menjadi terdakwa pembunuhan mengidap penyimpangan seksual. Guru besar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu menduga Jessica merupakan homoseksual atau penyuka sesama jenis.

"Homoseksual itu dugaan karena ada indikasi-indikasi itu. Tapi harus diverifikasi ulang karena saya tidak melakukannya," kata Sarlito dalam sidang atas Jessica di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (1/9).

Sarlito juga sempat menyimpulkan ada motif asmara dalam kasus kematian Wayan Mirna Salihin. Namun, Sarlito mengaku tidak menganalisisnya karena penyidik tidak memintanya. "Ini‎ dugaan bukan suatu kepastian‎," imbuh dia.

Menurut pandangan Sarlito, bisa jadi seorang homoseksual melakukan pembunuhan terhadap pasangannya lantaran kecewa.‎ Sebab, hubungan homoseksual sangat langka, sehingga ketika terjadi konflik bisa berbuntut pada aksi pembunuhan.

"Karena hubungan antara sejenis itu lebih susah. Kalau heteroseksual, kalau putus cepat berganti karena di luar banyak penggantinya. Kalau komunitas homoseksual terbatas sehingga dia kehilangan. Hubungan homoseksual jauh lebih berat dari penderitanya‎," kata dia.

Ia menambahkan, orang normal ketika putus cinta biasanya tak berlama-lema depresi. Hal itu berbeda pada homoseksual.

"Kalau orang putus depresi sebentar, homoseksual jauh lebih berat. Dalam kasus pembunuhan kekerasan disebabkan putus cinta lebih tinggi daripada karena hutang piutang,"‎ tambah Sarlito.

Lebih lanjut Sarlito mengatakan, homoseksual ketika balas dendam biasanya  melakukannya secara kejam. Bisa melukai diri sendiri, atau orang lain.

JAKARTA - Psikolog kondang Sarlito Wirawan mengaku sempat berkesimpulan bahwa Jessica Kumala Wongso‎ yang kini menjadi terdakwa pembunuhan mengidap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News