PSO BBM Tetap Dipegang Pertamina

PSO BBM Tetap Dipegang Pertamina
PSO BBM Tetap Dipegang Pertamina

jpnn.com -

JAKARTA-PSO (Public Service Obligation) BBM atau penyaluran BBM bersubsidi lebih baik tetap dipegang Pertamina. Demikian disampaikan Pengamat Perminyakan, Pri Agung Rahmanto ketika dihubungi Jumat siang, di Jakarta, (22/08).

Hal ini berkaitan dengan niat pemerintah yang akan membuka lelang PSO BBM untuk perusahaan diluar Pertamina. "Selama itu subsidi, jangan dong dikasih ke orang lain. Berarti uang pemerintah lari ke orang lain," katanya.

Menurutnya apabila diadakan lelang, sangat kecil kemungkinan bagi perusahaan asing diluar pertamina untuk memenangkannya. Karena, kebanyakan dari perusahaan tersebut tidak memiliki infrastruktur yang memadai didaerah-daerah pelosok di Indonesia. Sementara pertamina sebagai satu-satunya perusahaan minyak negara sudah memiliki infrastruktur hingga ke pelosok Indonesia.

"Gak mungkinlah lelang, karna perusahaan asing tidak punya infrastruktur," ujarnya. Terpisah, Anggota Komite Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas, Ibrahim Hasyim mengatakan, lelang PSO BBM ini merupakan tindak lanjut dari UU Minyak dan Gas No.22 tahun 2001. "Ini merupakan amanat konstitusi, liberalisasi pasar migas yang selama ini tidak jalan," katanya.

Namun hingga saat ini belum ada perusahaan yang menyatakan kesanggupannya untuk bisa menjalankan PSO BBM. Kesanggupan untuk menjamin ketersediaan BBM diberbagai daerah dengan ketersediaan infrastruktur yang dimiliki perusahaan itu. (wid)


Berita Selanjutnya:
Kepala Daerah Curhat ke KPK

!-- @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } --> JAKARTA-PSO (Public Service Obligation) BBM atau penyaluran BBM bersubsidi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News