Puncak Pemudik Padati Merak Terjadi Hari Ini

Puncak Pemudik Padati Merak Terjadi Hari Ini
Puncak Pemudik Padati Merak Terjadi Hari Ini

jpnn.com - MERAK -- PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) memprediksikan kepadatan pemudik yang menyeberang akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu (3/8). Apalagi, hampir sebagian institusi baik swasta maupun negeri mulai memasuki waktu libur hari ini.

"Kalau dari kemarin, belum terlalu padat. Tapi mulai Jumat malam terutama mulai hari ini, kita pastikan akan lebih padat lagi," ujar Asisten Manager Humas Operasi PT ASDP Cabang Merak Mario S. Utomo di kantornya, Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8).

Berdasarkan perhitungan Posko Data Mudik ASDP sejak pukul 08.00 pagi Jumat kemarin hingga pukul 08.00 pagi ini jumlah penumpang yang akan menyeberang sudah mencapai 77.337 orang. Jumlah ini mengalami kenaikan 188 persen dari H-5 tahun lalu yaitu 41. 213 orang. Sementara itu, jumlah kendaraan total mencapai 16.322. Naik 206 persen dari tahun lalu yang mencapai 7.915 kendaraan.

Jumlah pengguna motor naik 422 persen dari tahun lalu. Tahun ini, jumlah pengguna motor sebanyak 7.410 sedangkan tahun 1.756. Pengguna motor dalam jumlah besar ini juga dikarenakan banyak institusi yang memfasilitasi mudik gratis bagi pengendara.

Menurut Mario, untuk mengantisipasi panjangnya kepadatan karena parkir, pihaknya sudah menambah area parkir seluas 1 hektar. Ia mengaku penambahan itu cukup untuk menampung 500 kendaraan. Sedangkan untuk kendaraan besar yang akan menyeberang, pihaknya sudah melengkapi sistem radar di Tol cikupa.

"Nah dengan menempatkan radar di Cikupa, kita sudah tahu mobil jenis apa yang akan menuju ke Merak, jadi bisa dipersiapkan kapal dan medannya," kata Mario.

ASDP meyakini sistem radar ini membantu proses kerja di pelabuhan. Meski, tetap saja antrian macet masih tetap terjadi menuju Pelabuhan Merak. Terutama untuk kendaraan besar seperti truk dan bus. (flo/jpnn)


MERAK -- PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) memprediksikan kepadatan pemudik yang menyeberang akan mencapai puncaknya pada hari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News