Rini Yakini Kerja Sama Telkom-SingTel Tak Bahayakan Rahasia Negara, Ini Alasannya

Rini Yakini Kerja Sama Telkom-SingTel Tak Bahayakan Rahasia Negara, Ini Alasannya
Rini Yakini Kerja Sama Telkom-SingTel Tak Bahayakan Rahasia Negara, Ini Alasannya

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akhirnya buka suara soal kerja sama PT Telkom dengan Singapore Telecommunication Limited (SingTel) terkait pengembangan pusat data untuk e-government dan e-budgetting. Menurutnya, meski dari kesepakatan itu akan ada data center yang ditempatkan di Singapura, rahasia negara milik pemerintah Indonesia tetap aman.

Sesuai kesepakatan Telkom dengan SingTel maka akan ada perusahaan patungan (joint venture). Rencananya, perusahaan itu akan beroperasi mulai 2016.

Rini menuturkan, semula dirinya diundang oleh Telekomunikasi Indonesia International Pte Ltd (Telin) ke Singapura untuk peresmian data center. Telin merupakan anak usaha PT Telkom yang berbasis di negeri pulau itu.

“Data center itu adalah satu pusat pengelolaan data untuk perusahaan-perusahaan swasta yang ingin meminta pihak ketiga untuk mengelola data. Telin sudah membuat data center dan ini yang ketiga," beber Rini di sela-sela buka puasa bersama di rumah dinasnya, Jakarta Selatan, Sabtu (20/6).  

Karenanya, mantan menteri perindustrian dan perdagangan itu meyakini kerja sama Telkom dengan SingTel tak ada kaitannya dengan rahasia negara. Ia justru berharap kerja sama itu bisa semakin baik.

 "Karena bisnis sebelumnya bagus, maka dibikinlah kerja sama selanjutnya. Kerja sama ini pemberi jasa dalam mengelola data dan nggak ada urusan sama itu (membocorkan data)," katanya.(chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akhirnya buka suara soal kerja sama PT Telkom dengan Singapore Telecommunication


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News