Rp 165 Miliar untuk Perbaiki Jalan di Pontianak

Rp 165 Miliar untuk Perbaiki Jalan di Pontianak
Ilustrasi jalan/ dok JPNN

jpnn.com - PONTIANAK– Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mengganggarkan Rp 165 miliar untuk pembangunan dan peningkatan sejumlah ruas jalan di Kota Pontianak pada 2016. 

Angka tersebut terdiri dari rincian APBD Pemkot sebesar Rp 120 miliar, ditambah dana alokasi khusus (DAK) tahun 2016 sebesar Rp 45 miliar. Hal tersebut diungkapkan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pontianak, Ismail, belum lama ini.

"Besaran anggaran Rp 165 miliar tersebut akan diperuntukkan untuk pembangunan dan peningkatan di jalan-jalan protokol Kota Pontianak, termasuk penuntasan pembangunan dan peningkatan di jalan-jalan protokol Kota Pontianak," terangnya. 

Termasuk, lanjutnya, penuntasan pembangunan dan peningkatan jalan menggunakan pondasi beton di Jalan Ampera hingga Pal III, Jalan Pararalel Sungai Jawi, Jalan Pararalel Sungai Raya Dalam, dan di ujung Jalan Purnama.

Beberapa ruas jalan protokol menggunakan pondasi beton, guna meningkatkan kekuatan jalan. Di samping itu, Ismail menambahkan bahwa mereka juga meninggikan sejumlah ruas jalan, agar tidak mudah terendam ketika musim penghujan dan dampak air pasang Sungai Kapuas.

Di tahun 2016 nanti, Dinas PU juga akan menghentikan sementara pembangunan turap beton di parit-parit yang tersebar di kota setempat. Penghentian turap dilakukan mereka karena keterbatasan anggaran, dikarenakan APBD pemkot 2016 diperkirakan defisit. Defisit tersebut, diakui Ismail, membuat anggaran mereka dipotong sekira Rp 30 miliar. 

Dari pemotongan itu, diungkapkan dia, berdampak pada penghentian sementara waktu untuk penurapan parit-parit yang tersebar di Kota Pontianak. "Itu khusus untuk tahun 2016," ucapnya. (iza/dkk/jpnn)

PONTIANAK– Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mengganggarkan Rp 165 miliar untuk pembangunan dan peningkatan sejumlah ruas jalan di Kota Pontianak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News