Rusia, Mantan Adidaya yang Masih Terganggu Chauvinisme

Petugas Tarik Pungli, Lupa Pelototi Bom

Rusia, Mantan Adidaya yang Masih Terganggu Chauvinisme
Rusia, Mantan Adidaya yang Masih Terganggu Chauvinisme
MOSKOW - Ledakan bom bunuh diri di Bandara Internasional Domodedovo, Moskow, Senin sore waktu setempat (24/1) mengalihkan perhatian dunia ke Rusia. Sebanyak 35 orang yang tewas dalam insiden paling mematikan di bandara internasional itu mengingatkan masyarakat internasional bahwa Negeri Beruang Merah masih bergolak. Paham nasionalisme sempit (chauvinisme) dan korupsi disebut-sebut sebagai dua faktor utama pemicu konflik di Rusia.

Satu hari setelah insiden maut tersebut mengguncang moral warga Rusia, Presiden Dmitry Medvedev langsung memecat sejumlah pejabat tinggi keamanan dalam negeri. Salah seorang di antaranya adalah Mayjen (polisi) Andrei Alexeyev. Meski tegas, langkah pemimpin 45 tahun itu dirasa terlalu lemah untuk mencegah kemungkinan serangan berikutnya. Perintah Medvedev agar keamanan dalam negeri dan kinerja intelijen dilipatgandakan pun tidak akan mampu menghentikan serangan serupa.

Pada halaman editorialnya Jumat lalu (28/1), harian The Chronicle Herald menuliskan bahwa langkah tegas Medvedev sia-sia. "Memecat pejabat (keamanan) dan memerintahkan peningkatan keamanan tidak akan membuahkan hasil maksimal," tulis surat kabar terbitan Kanada itu, mengutip keterangan beberapa pakar Rusia. Para pakar tersebut sepakat bahwa akar dari konflik yang timbul tenggelam di negerinya adalah chauvinisme dan korupsi.

Chauvinisme yang lantas melahirkan sikap rasial muncul karena negara federasi itu tidak hanya terdiri atas satu suku bangsa. Fenomena yang sebenarnya juga terjadi di negara-negara lain. Sedikitnya, ada delapan etnis utama yang menyusun populasi negara bekas Uni Soviet tersebut. Di antaranya, etnis Rusia, Kaukasia, dan Chechnya. Porsi terbanyak memang etnis Rusia. Yakni, sekitar 80 persen dari total penduduk Rusia yang berkisar 142 juta jiwa.

MOSKOW - Ledakan bom bunuh diri di Bandara Internasional Domodedovo, Moskow, Senin sore waktu setempat (24/1) mengalihkan perhatian dunia ke Rusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News