SBY: Efisien dan Produktif Menangkan Persaingan

SBY: Efisien dan Produktif Menangkan Persaingan
SBY: Efisien dan Produktif Menangkan Persaingan
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi peringatan agar tak takut menghadapi (era) globalisasi. Sebab menurutnya, ada dua kunci keberhasilan menuju persaingan global yang bebas. Hal itu diungkap SBY saat meluncurkan penerapan sistem Indonesia National Single Window (INSW) di Dermaga Utara Jakarta International Container Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (29/1).

"Kita tetap harus memiliki daya saing kuat dalam menghadapi kompetisi yang gila ini. Kuncinya cuma dua, efisien dan produktif. Bila itu mulus, apapun yang kita ingin capai pasti berhasil. Tentu perlu didukung kecanggihan teknologi," kata SBY.

Untuk makin mempertajam bobot keberhasilan dalam berkomunikasi, menurut SBY pula, tentu dibutuhkan kerjasama. Indonesia sudah menjalin hubungan di banyak bidang dengan ASEAN. Teknisnya perlu dilakukan pembicaraan-pembicaraan lebih lanjut. Sementara ke depan, persaingan antar negara sesama ASEAN bahkan dunia, akan semakin ketat.

"Jangan sampai kita mengingkari kesepakatan. Tapi tentu kita harus menang. Kita harus siap bersaing. Itulah sebabnya peluang dan keuntungan diharap oleh rakyat Indonesia dengan adanya INSW," terang presiden.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi peringatan agar tak takut menghadapi (era) globalisasi. Sebab menurutnya, ada dua kunci

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News