Seluruh Bupati Kumpulkan Dana Untuk TKI

Seluruh Bupati Kumpulkan Dana Untuk TKI
Penandatanganan MOU KPPA di Hotel Menara Peninsula.(Foto: Herman/JPNN)
JAKARTA--Dukungan terhadap para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang didera masalah terus mengalir. Termasuk untuk Tuti Tursilawati dan 303 buruh migran lain yang terancam dihukum pancung. Di luar dugaan, ternyata Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menempuh perjuangan yang berbeda untuk menyelamatkan para pahlawan devisa itu. Para pejabat daerah itu menggalang dukungan berupa dana sukarela dari para anggota.

"Secara keseluruhan, hingga saat ini sudah terkumpul sebanyak Rp 2 miliar. Ini berasal dari 399 bupati di seluruh Indonesia. Semoga dengan cara ini kita bisa menyelamatkan saudara-saudari kita di luar negeri," ujar Ketua Apkasi, Isran Noor dalam sambutannya pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) di Hotel Menara Peninsula, Rabu (23/11).

Rencana, dana yang ada akan digunakan untuk kegiatan advokasi para TKI. Bisa dengan cara menyiapkan pengacara handal di negara bersangkutan. Bisa pula dengan cara-cara persuasif lain untuk menyelamatkan para TKI.

Bupati Kutai Timur itu mengaku bersykur atas langkah KPPPA yang mau menggandeng mereka sebagai mitra. Karena itu, bersama sejumlah pengurus Apkasi yang lain, mereka akan langsung bergerak untuk mensosialisasikan masalah dimaksud.

JAKARTA--Dukungan terhadap para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang didera masalah terus mengalir. Termasuk untuk Tuti Tursilawati dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News