Sempat Molor, DPD RI Akhirnya Resmi Punya Ketua Baru

Sempat Molor, DPD RI Akhirnya Resmi Punya Ketua Baru
Ilustrasi. Foto: dok/JPG

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali akhirnya mengambil sumpah jabatan Mohamad Saleh sebagai Ketua DPD RI, menggantikan Irman Gusman, yang tersandung kasus dugaan suap.

Pelantikan senator asal Bengkulu itu sesuai dengan Keputusan DPD RI Nomor 9/DPDRI/1/2016-2017. Meski sempat molor dari rencana dilantik tadi malam, Selasa (11/10), acara tersebut berlangsung tertib.

Saat disinggung soal molornya pelantikan Saleh, Hatta Ali berkilah baru menerima surat dari DPD hari ini.

"Saya baru terima tadi pagi surat dari Pak Sekjen tentang siapa yang dipilih. Kemudian permintaan untuk pelantikan. Saya terima di kantor," katanya usai acara pelantikan, Rabu (12/10).

M Saleh diputuskan terpilih dalam rapat paripurna DPD. Perolehan suaranya mengungguli dua pimpinan DPD lainnya, Farouk Muhammad dan GKR Hemas, saat proses pemilihan. 

Ketua DPR Ade Komarudin ikut mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Ketua DPD yang baru. Ia mengapresiasi proses demokrasi yang berjalan dalam penentuan pengganti Irman.

"Selamat kepada DPD. Mudah-mudahan kinerja DPD akan meningkat lagi di masa yang akan datang. Dan tentu saya mengharapkan kerja sama yang baik lagi dengan DPR," kata Ade. (fat/jpnn)

JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali akhirnya mengambil sumpah jabatan Mohamad Saleh sebagai Ketua DPD RI, menggantikan Irman Gusman, yang tersandung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News