Jumat, 15 Desember 2017 – 04:00 WIB

Seperti Inilah Pesta Adat Pernikahan Bobby-Kahiyang Ayu

Sabtu, 25 November 2017 – 06:37 WIB
Seperti Inilah Pesta Adat Pernikahan Bobby-Kahiyang Ayu - JPNN.COM

jpnn.com - Pertemuan dua keluarga besar dari Gunung Baringin dengan Parupuk Jae, menjadi tanda pertautan dua pihak antara keluarga Muhammad Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi yang telah ditabalkan memakai marga Siregar pada acara adat awal pekan lalu.

Sebagai Suhut Bolon, pihak marga Nasution pun sibuk mempersiapkan acara yang digelar sejak Jumat (24/11) pagi, di halaman rumah (alm) Erwin Nasution, Ayahanda Bobby.

Memulai ritual pesta, para pemangku adat Raja-raja Panusunan menggelar pemotongan kerbau yang dipimpin Kamaluddin Harahap Gelar Tongku Raja Dima.

Satu ekor kerbau itu menjadi tanda prosesi adat budaya Mandailing di kawasan komplek Bukit Hijau Regency Medan.

Untuk selanjutnya para raja bersama Suhut Bolon pun memasuki areal pelaksanaan pesta adat yang mereka sebut Bagas Godang.

"Penyembelihan satu ekor kerbau ini adalah tanda dimulainya pesta adat. Ini merupakan syarat atau Pulungannya," ujar Kamaluddin Harahap.

Berjarak sekitar 20 meter dari lapangan lokasi penyembelihan kerbau, di dalam Bagas Godang, para raja dan Suhut BOlon pun kemudian duduk bersila di atas tikar pandan saling berhadapan untuk kemudian menggelar sidang adat.

Pada proses ini, Suhut Bolon, keluarga Bobby Nasution kemudian meminta doa restu untuk melaksanakan acara adat (mengadati) kedua mempelai, yang sering disebut ngunduh, karena memang acara ini adalah yang kedua, setelah sebelumnya Bobby-Kahiyang telah digelarkan pesta di Solo oleh keluarga Presiden RI Jokowi.

SHARES
loading...
loading...
Komentar