Siap Eksplorasi Batik

Siap Eksplorasi Batik
Siap Eksplorasi Batik
JAKARTA- Perancang busana Lenny Agustin berjanji akan mengekplorasi batik dalam menyajikan keindahan kain Nusantara ini lebih megah dalam panggung fashion bertaraf internasional. Hal itu dilakukannya sebagai apresiasi setelah batik mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu Intangible Cultural Heritage (ICH) asal Indonesia.

"Kita nggak  akan pernah salah kostum saat mengenakan batik karena saat ini batik sudah berkembang,  bukan hanya bisa dipakai untuk acara formal tapi juga non formal. Hal itu yang berusaha saya ekspresikan dalam koleksi saya. Untuk koleksi mendatang, Lennor akan menampilkan batik yang playful. Motif tradisional batik akan dipadukan dengan unsur modern dan warna yang terang. Melalui inovasi seperti ini, semoga tren batik ini akan terus continue dan berkembang," ungkap Lenny Agustin di Jakarta, Jumat (16/10).

Hal senada juga disampaikan salah seorang  desainer batik yang berlatar belakang budaya batik Pekalongan, Afif Syakur. Pada ajang Jakarta Fashion Week 09/10 yang diselenggarakan pada 14-20 November 2009 mendatang, Afif akan akan menampilkan karya terbaiknya dengan dasar batik yang elegan.

 

"Kalau bisa, usaha kita melestarikan batik tidak berhenti hanya sebatas mendapat pengakuan internasional. Setelah itu, sebaiknya juga ada unsur edukasi kepada masyarakat umum dan juga desainer lokal untuk mengenal batik lebih jauh, mulai dari motif dan proses pembuatannya. Selanjutnya, kita harus bisa membedakan mana yang tekstil bermotif batik dan kain batik yang sebenarnya. Dengan begitu, kita akan lebih menghargai budaya itu sendiri,” papar Afif.(cha/JPNN)

JAKARTA- Perancang busana Lenny Agustin berjanji akan mengekplorasi batik dalam menyajikan keindahan kain Nusantara ini lebih megah dalam panggung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News