Solar Subsidi Mulai Dibatasi Per 1 September

Solar Subsidi Mulai Dibatasi Per 1 September
Solar Subsidi Mulai Dibatasi Per 1 September
PALEMBANG--Terhitung 1 September 2012, angkutan yang digunakan untuk kegiatan perkebunan dan pertambangan wajib menggunakan BBM solar bersubsidi.  Penerapan aturan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 12 tahun 2012.

Kasubdit Pengangkutan Migas Kementrian ESDM, I Gusti Sunarman mengatakan, pembatasan penggunaan BBM solar bersubsidi dilaksanakan untuk menjaga besaran volume yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Pelarangan angkutan perkebunan dan pertambangan menggunakan solar bersubsidi berlaku pada 1 september mendatang di seluruh Indonesia termasuk Provinsi Sumsel,” ujarnya, saat diwawancarai usai rapat Rapat membahas kesiapan implementasi Peraturan Menteri ESDM RI Nomor 12 Tahun 2012 di Graha Bina Praja, Selasa  (28/8).

Dia mengakui, pelaksanaan peraturan tersebut akan mengalami kendala di lapangan. Pasalnya, sarana dan prasarana yang diperlukan belum siap. “Pelaksanaannya nanti di lapangan tidak akan sempurna. Pasalnya, belum ada petunjuk teknis (juknis) termasuk sanksi tegas bagi yang melanggar,” bebernya, seraya menambahkan untuk tahap awal penerapannya akan menggunakan stiker.

PALEMBANG--Terhitung 1 September 2012, angkutan yang digunakan untuk kegiatan perkebunan dan pertambangan wajib menggunakan BBM solar bersubsidi. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News