Sukseskan Transmigrasi, Daerah Diapresiasi

Sukseskan Transmigrasi, Daerah Diapresiasi
Sukseskan Transmigrasi, Daerah Diapresiasi

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberikan penghargaan kepada 19 pihak yang berjasa dalam memajukan program transmigrasi. Penghargaan ini diserahkan langsung Menakertrans, Muhaimin Iskandar pada acara Transmigration Award 2013 di Jakarta, Selasa (3/12).
Mereka yang menerima penghargaan terbagi atas daerah pengirim dan penerima transmigran, media masa serta tokoh yang berjasa.

"Penyelenggaraan Transmigration Award Tahun 2013 sebagai upaya Pemerintah melalui Kemenakertrans untuk terus-menerus menjunjung semangat para pengelola seperti Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota daerah asal maupun daerah tujuan, media massa dan para pihak lainnya yang mempunyai perhatian sungguh-sungguh terhadap perkembangan ketransmigrasian dari waktu ke waktu," kata Muhaimin saat pemberian penghargaan.

Penghargaan yang digelar untuk ketiga kalinya itu memberikan penghargaan Makarti Nayotama (kebijakan yang unggul) kepada tiga provinsi asal yaitu Jawa Timur, Jawa Barat dan Lampung serta tiga daerah tujuan transmigrasi yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Penghargaan Makarti Nayotama juga diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota asal transmigrasi yaitu Madiun, Ngawi dan Tabanan serta tiga kabupaten/kota tujuan yaitu Luwu Timur, Kotawaringin Barat dan Gorontalo.

Makarti Nayotama juga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten yang melaksanakan Pembangunan dan Pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) yaitu di Pesisir Selatan/KTM Lunang Silaut Provinsi Sumatera Barat, Bangka Selatan/KTM Batu Betumpang Provinsi Bangka Belitung dan Banyuasin/KTM Telang Provinsi Sumatera Selatan.

Kemnakertrans juga memberikan penghargaan Makarti Pradipa (Lampu Cahaya) kepada media massa yang memberi dukungan kontruktif melalui pemberitaan obyektif mengenai penyelenggaraan transmigrasi yaitu kepada Harian Media Indonesia, Suara Pembaharuan dan Pelita.

Selain itu juga diberikan penghargaan khusus Makarti Pramati (Pemerhati Transmigrasi) bagi tokoh masyarakat yang telah memberikan sumbang pikir dan mendorong kemajuan penyelenggaraan transmigrasi di Indonesia kepada DR. (HC) Ir. Siswono Yudo Husodo.

"Pembangunan transmigrasi memiliki ciri khas tersendiri dan kompleks, dimana dalam pelaksanaannya harus melalui Rekayasa Ruang (lahan), orang (transmigran) dan uang (investasi), melibatkan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta komponen anak bangsa seperti pelaku usaha, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta Media Massa yang semua berperan dalam penyelenggaraan transmigrasi," papar Muahimin.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberikan penghargaan kepada 19 pihak yang berjasa dalam memajukan program

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News