Tahun Depan, BUMN Alokasikan Belanja Modal Rp 600 Triliun

Tahun Depan, BUMN Alokasikan Belanja Modal Rp 600 Triliun
Rini Soemarno. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Jumlah belanja modal alias capital expenditure yang dialokasikan BUMN tahun depan bakal sangat banyak. BUMN akan mengalokasikan capex sekitar Rp 550 triliun sampai Rp 600 triliun.

Angka tersebut lebih tinggi dibanding rencana realisasi tahun ini sekitar Rp 410 triliun. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, belanja modal tersebut tidak hanya pada perusahaan BUMN.

Namun juga meliputi alokasi anak usaha BUMN. "Itu termasuk anak yang mayoritas dimiliki BUMN. Jadi kalau kita lihat itu yang terkonsolidasi," jelasnya dalam siaran pers, kemarin.

Dia menuturkan, capex tersebut di antaranya diperoleh melalui pelepasan saham anak usaha BUMN yang dilakukan pada tahun depan. Selain itu, capex juga diperoleh melalui penerbitan surat utang.

Rencananya, BUMN akan menerbitkan surat utang berdenominasi rupiah sebesar Rp 165 triliun dan mata uang asing sebesar USD 1,5 miliar. "(Global bond) Pertamina. PLN sendiri mungkin akan mengeluarkan obligasi dalam dolar dengan merekstrukturisasi beberapa hal," jelas dia.

Tak hanya itu, untuk memenuhi belanja modal, BUMN akan melakukan kerja sama dengan institusi lain. "Tapi kan ada beberapa capex itu partnership. Seperti kereta cepat yang full tahun depan. Sekarang baru sedikit-sedikit," pungkasnya. (lum/jos/jpnn)


JAKARTA – Jumlah belanja modal alias capital expenditure yang dialokasikan BUMN tahun depan bakal sangat banyak. BUMN akan mengalokasikan capex


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News