Tahun Ini, Ancaman Konflik Perbatasan Masih Ada

Tahun Ini, Ancaman Konflik Perbatasan Masih Ada
Tahun Ini, Ancaman Konflik Perbatasan Masih Ada
JAKARTA - Masalah perbatasan negara masih menjadi ancaman pertahanan keamanan Indonesia tahun ini. Selain itu, pemerintah juga mewaspadai adanya konflik horizontal.

Hal ini diungkapkan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, dalam jumpa pers di Departemen Pertahanan (Dephan) di Jakarta, Selasa (12/1). Prediksi ini disampaikan setelah menganalisa dari kondisi perkembangan lingkungan strategis, di mana terjadi konflik permanen di Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Afrika.

"Maka bisa dikonfigurasikan, ancaman dan tantangan itu adalah perang terbatas akibat adanya konflik di daerah perbatasan," kata Djoko.

Ancaman lain yang diprediksi oleh TNI adalah benturan-benturan kepentingan yang menyebabkan konflik horizontal dan separatis yang berujung anarkis. Namun, dia tidak merinci daerah-daerah yang rawan ancaman konflik horizontal tersebut.

JAKARTA - Masalah perbatasan negara masih menjadi ancaman pertahanan keamanan Indonesia tahun ini. Selain itu, pemerintah juga mewaspadai adanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News