Tak Mungkin DIY Dipimpin Bocah

Tak Mungkin DIY Dipimpin Bocah
Tak Mungkin DIY Dipimpin Bocah
JAKARTA -- Sikap pemerintah semakin jelas terkait mekanisme pengisian kursi jabatan gubernur  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mendagri Gamawan Fauzi memberi sinyal bahwa lebih baik pengisian kursi gubernur DIY itu dilakukan melalui pemilihan, tidak secara otomatis diisi keturunan Sri Sultan Hamengku Buwono. Mantan gubernur Sumbar itu memberikan ilustrasi jika model pengisian otomatis tetap diteruskan.

"Bagaimana kalau Sri Sultan nanti sampai dengan umur 95? Apa dia masih gubernur juga?. Kalau ini ditetapkan, konsekuensinya seperti itu," ujar Gamawan Fauzi di kantornya, Jumat (3/9), saat ditanya wartawan terkait perkembangan RUU DIY.

Gamawan juga memberikan argumen, dengan masih menggunakan logika usia. "Bagaimana kalau Sri Sultan meninggal, kalau lahir Sri Sultan HB XI umurnya masih muda? Apa langsung jadi gubernur juga? Hal-hal seperti itu yang kita pertanyakan," katanya.

Dia katakan, sangat tidak mungkin sebuah daerah dipimpin oleh orang yang belum cukup umur. Alasannya, pertanggungjawaban gubernur di satu daerah itu sama dengan pertanggungjawaban gubernur di daerah lain. "Jadi bisa saja kan Sri Sultan XII, XIII, XIV masih remaja? Apa bisa jadi gubernur jika kita kaitkan dengan Undang-undang (yang mengatur) persyaratan umur kepala daerah," ujar mantan gubernur Sumbar itu.

JAKARTA -- Sikap pemerintah semakin jelas terkait mekanisme pengisian kursi jabatan gubernur  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mendagri Gamawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News