Teka-teki Kuota Asia

Teka-teki Kuota Asia
WAKIL - Para pemain Jepang saat merayakan gol di laga melawan Denmark, sebelum kemudian mereka lolos ke babak 16 Besar sebagai salah satu wakil Asia. Foto: Mark Kolbe/Getty Images/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Prestasi tim Asia di Piala Dunia 2010 tidak buruk. Dari empat wakil, dua berhasil lolos ke babak 16 besar. Namun, beredar rumor bahwa FIFA atau Federasi Sepak Bola Dunia bakal mengurangi kuota Asia di Piala Dunia (PD) 2014 di Brazil. Caranya dengan mengubah format kualifikasi zona Asia, khususnya via playoff.

Sejak PD 1998 di Prancis, Asia mendapat kuota empat tim lolos langsung ke putaran final plus satu kesempatan melalui playoff melawan juara zona Concacaf (Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia). Di Piala Dunia 2010, playoff diubah melawan zona Oceania. Nah, playoff itulah yang kabarnya bakal dihapus di PD 2014 untuk diberikan kepada wakil zona Conmebol (Amerika Latin).

Seiring Brazil lolos otomatis sebagai tuan rumah, Conmebol meminta kuota lolos langsung dari kualifikasi diubah dari empat tim menjadi lima tim tanpa perlu playoff. Conmebol menilai hal itu cukup fair dengan alasan zona Afrika saja mendapat kuota enam tim di Piala Dunia 2010 plus Afsel sebagai tuan rumah.

"Seperti apa format kualifikasi Piala Dunia 2014, baik di zona Asia maupun di zona lainnya, belum dibuat ketetapan. Namun, sejauh ini, belum ada diskusi terkait kemungkinan perubahan, termasuk bakal dikuranginya wakil Asia," kata Sekjen FIFA Jerome Valcke kepada Jawa Pos di Soccer City, Jumat 27 Juni lalu.

JOHANNESBURG - Prestasi tim Asia di Piala Dunia 2010 tidak buruk. Dari empat wakil, dua berhasil lolos ke babak 16 besar. Namun, beredar rumor bahwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News