Teliti Khasiat Tumbuhan Semak Belukar, Berhasil Juara Nasional

Teliti Khasiat Tumbuhan Semak Belukar, Berhasil Juara Nasional
Para peraih penghargaan dalam penelitian Karamunting, tim MAN Model/ Dok Kalteng Pos

jpnn.com - PALANGKA RAYA- Perwakilan MAN Model Palangka Raya berhasil meraih prestasi dalam National Innovation Creativity Competition antarSMA/MA se-Indonesia. Karya ilmiah tentang khasiat tanaman Karamunting atau Mesisin, mendapatkan penghargaan tertinggi.

Riset yang diarahkan oleh sang guru, Tri Arfayanti, ternyata berhasil mengalahkan hasil riset dari 13 besar peserta lainnya.

Tak berhenti sampai di sini. Khasiat tanaman karamunting yang sudah dipatenkan dengan nama MESOLPA (Mesisin Olahan Palangka Raya) ini akan dilombakan di tingkat internasional yang dilaksanakan di Thailand pada 2-6 Februari mendatang.

"Tumbuhan yang sering ditemui di hampir setiap lahan kosong berpasir, Karamunting tumbuh seperti semak-semak. Menjelang matang, warna buah yang semula berwarna hijau menjadi merah kecokelatan sampai hitam dan bisa dikosumsi," kata Tri menceritakan awal mula penelitian dilakukan, kepada Kalteng Pos (grup JPNN).

Buah Karamunting saat diteliti, kandungan di dalamnya membantu menyembuhkan luka, jerawat hingga diabetes.

"Daunnya bisa dijadikan teh herbal, dan produk dari bahan ini sudah dipatenkan dengan nama MESOLPA (Mesisin Olahan Palangka Raya)," ungkapnya. (kaltengpos/dkk/jpnn)


PALANGKA RAYA- Perwakilan MAN Model Palangka Raya berhasil meraih prestasi dalam National Innovation Creativity Competition antarSMA/MA se-Indonesia.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News