Terinspirasi Sosok Ganjar, Srikandi Sumut Adakan Jelajah Sejarah Sigale-Gale

Terinspirasi Sosok Ganjar, Srikandi Sumut Adakan Jelajah Sejarah Sigale-Gale
Srikandi Ganjar Sumut melakukan jelajah sejarah di Samosir. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, SAMOSIR - Sukarelawan Srikandi Ganjar Sumatera Utara (Sumut) menggelar kegiatan bertajuk "Jelajah Sejarah Sigale-Gale dan Menari" bersama perempuan milenial Samosir.

Acara yang berlangsung di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir itu diadakan karena para sukarelawan terinspirasi sosok Ganjar Pranowo yang peduli terhadap adat budaya nusantara.

"Terinspirasi dari sosok Pak Ganjar yang selalu mendukung adat budaya terutama sejarah, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali dan memperkenalkan kepada perempuan sejarah-sejarah maupun legenda-legenda yang ada di Samosir ini khususnya," ujar Korwil Srikandi Ganjar Sumut, Firda Annisa Sirait dalam siaran persnya, Sabtu (12/8).

Dalam kegiatan yang diawali dengan penjelasan mengenai sejarah Sigale-Gale oleh Pemandu Wisata Sigale-Gale Anderson Sigiro, para peserta tampak antusias mendengarkan secara seksama pemaparan tersebut.

Kemudian, Anderson mengajarkan berbagai tarian kepada seluruh peserta di antaranya tari tor-tor.

Kemeriahan acara kian terasa saat Anderson mengajak langsung puluhan peserta itu untuk ikut menari bersama. Cantiknya ulos yang disematkan di bahu mereka menambah ayu tarian gemulai para peserta saat mengikuti rangkaian instruksi dari pemandu.

Menurut Anderson lokasi tersebut menjadi ramai setelah dijadikan tempat wisata.

"Sigale-Gale sekarang dibuat menjadi obyek wisata setelah Samosir ataupun tomok dijadikan wisata," ungkap Anderson.

Sukarelawan Srikandi Ganjar Sumut mengadakan kegiatan jelajah sejarah Sigale-Gale yang ada di Samosir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News