Tingkat Kecelakaan Naker Konstruksi Masih Tinggi

Tingkat Kecelakaan Naker Konstruksi Masih Tinggi
Tingkat Kecelakaan Naker Konstruksi Masih Tinggi
JAKARTA — Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan (PPK)  Kemenakertrans, I Gusti Made Arka mengatakan tingkat kecelakaan kerja di sektor jasa konstruksi masih tinggi dalam dua tahun terakhir ini. Karenanya, pemerintah khususnya Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan memprioritaskan pengawasan tenaga kerja (Naker) pada sektor jasa konstruksi.

“Tingkat kecelakaan di sektor konstruksi ini tinggi akibat banyaknya proyek yang dikerjakan dalam waktu relatif lama dan nonstop dilakukan atau biasanya selama 24 jam. Hal ini yang menyebabkan tingkat kelelahan pekerja menjadi cukup tinggi dan rawan mengakibatkan kecelakaan,” ungkap Arka ketika ditemui usai pemeriksaan kesehatan tenaga kerja di Puri Parkview, Jakarta Barat, Selasa (22/2).

Lebih jauh Arka menambahkan, dalam waktu dua tahun belakangan ini proyek pembangunan baik pemerintah maupun swasta akan terus tumbuh rata-rata mencapai 1.000-2.000 proyek yang dibangun di kota-kota besar di Indonesia. "Pengawasan tenaga kerja jasa konstruksi harus mendapat perhatian serius," tegasnya

Dikatakan pula Arka, sektor jasa konstruksi saat ini mempekerjakan kurang lebih 4,5 juta orang pekerja atau sebesar 5 peorsen dari jumlah pekerja secara nasional. “Sektor jasa konstruksi yang ada di Indonesia mencakup pekerjaan bangunan seperti, arsitek, mekanik, teknik sipil, tata lingkungan dan yang lainnya,” katanya. (cha/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Tujuh Polisi Terancam Sanksi

JAKARTA — Dirjen Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan (PPK)  Kemenakertrans, I Gusti Made Arka mengatakan tingkat kecelakaan kerja


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News