TK: Tetapkan Saja Sultan Jadi Gubenur

TK: Tetapkan Saja Sultan Jadi Gubenur
TK: Tetapkan Saja Sultan Jadi Gubenur
JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Taufik Kiemas punya tawaran baru terkait keistimewaan Jogjakarta. Taufik mengusulkan agar Sri Sultan Hamengku Buwono X yang ditetapkan sebagai Gubernur Jogja tidak perlu menjadi partisan dengan mengikuti jejak Sultan HB IX.

"Saya rasa dari berbagai hal, dia (Sultan HB X) niru bapaknya (Sultan HB IX). Meniru itu saja sudah aman, gak usah belajar sama yang lain," kata Taufik Kiemas di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/12).

Hanya saja, menurut Taufik, tawaran itu tentunya akan dibahas oleh Pemerintah dan DPR sebagai jalan tengah dalam pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) DIJ. "Nanti kan di sini (pembahasan) pasti ada jalan tengah," ucapnya.

Soal mekanisme pemilihan atau penetapan, Taufik sendiri mendukung Gubernur Jogja ditetapkan. Namun menurutnya, yang perlu dibahas tentang usia Sultan menjabat sebagai gubernur, cara penggantiannya, dan mengantisipasi bila Sultan tidak punya anak.(awa/jpnn)


JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Taufik Kiemas punya tawaran baru terkait keistimewaan Jogjakarta. Taufik mengusulkan agar Sri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News