Tontonan untuk Mencintai Budaya Bangsa

Tontonan untuk Mencintai Budaya Bangsa
Pimpinan Kelompok DPD di MPR RI, Prof. Dr. John Pieris. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - BOJONEGORO – Masyarakat pecinta wayang kulit berkumpul di halaman Stadion Letjen. H. Soedirman Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kehadiran masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan oleh MPR RI bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan danPariwisata Bojonegoro dalam rangka Sosialisasi 4 Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika).

Pada pagelaran kali ini, tampil dalang Ki Sigid Ariyanto dari Rembang dengan lakon “Wahyu Makutoromo” pada Sabtu (9/4).

Acara pagelaran wayang kulit ini dihadiri oleh anggota MPR RI antara lain Didik Mukrianto (Fraksi Partai Demokrat), Dr. Anna Mu’awanah (Fraksi PKB), H. Kuswiyanto (Fraksi PAN), Prof. Dr. John Pieris (Kelompok DPD di MPR).

Sedangkan dari pemerintah daerah hadir Wakil Bupati Bojonegoro Setya Hartono dan beberapa anggota DPRD Bojonegoro serta jajaran FKPD dan SKPD Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan dari pementasan seni budaya wayang kulit ini seperti disampaikan oleh ketua panita pelaksana Purwadi yaitu untuk melakukan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dalam rangka internalisasi pemahaman terhadap 4 Pilar MPR RI kepada masyarakat khususnya melalui pagelaran seni budaya tradisional.

Selain itu, pagaleraan juga sebagai salah satu bentuk apresiasi sekaligus langkah konkrit dan nyata MPR RI dalam upaya melestarikan warisan budaya tradisional, khususnya wayang kulit, yang telah menjadi ciri, jati diri dan kekayaan intelektual bangsa Indonesia yang telah diakui dunia.

Setya Hartono yang mewakili Bupati Bojonegoro dalam sambutanya mengungkapkan dalam rangka memiliki tekad bersama dalam memahami 4 Pilar MPR yang melatarbelakangi diselenggarakannya pagelaran wayang semalam suntuk bersama dalang kondang Ki Sigid Ariyanto.

BOJONEGORO – Masyarakat pecinta wayang kulit berkumpul di halaman Stadion Letjen. H. Soedirman Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Kehadiran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News