UKM Terbukti Lebih Tangguh Dibanding Usaha Besar

UKM Terbukti Lebih Tangguh Dibanding Usaha Besar
UKM Terbukti Lebih Tangguh Dibanding Usaha Besar
DEPOK – Istri Menpora Andi Mallarangeng, Vitri Cahyaningsih, menggondol gelar doktor bidang strategi manajemen dari Universitas Indonesia (UI). Vitri menuntaskan pendidikan doktoralnya setelah meneliti peran usaha kecil dan menengah (UKM).

Dalam disertasi doktoralnya, Vitri menguraikan bahwa UKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi kemerosotan kinerja usaha dibanding usaha besar. Menurut Vitri, UKM lebih kreatif dengan menerapkan trun around strategy (strategi putar haluan). Sementara usaha besar cenderung menyiasati kemerosotan kinerja dengan perampingan usaha (downsizing).

Saat mempertahanan disertasinya di depan Sidang Terbuka Senat Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Selasa (17/4), Vitri memaparkan, UKM  mampu bertahan dengan segala keterbatasan karena menerapkan strategi putar haluan. "Yakni  berkisar pada upaya bertahan dan mencari peluang untuk berkembang dengan keterbatasan aset yang dimiliki,” paparnya.

Vitri mencatat, UKM yang dipahami sebagai salah satu pondasi perekonomian negara telah berkembang cukup signifikan di Indonesia. Saat ini, jumlahnya mencapai 52 juta dan mampu menyerap tenaga kerja hingga hampir 90 juta orang.

DEPOK – Istri Menpora Andi Mallarangeng, Vitri Cahyaningsih, menggondol gelar doktor bidang strategi manajemen dari Universitas Indonesia (UI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News