Umbulharjo Dikosongkan, Pengungsi Pindah ke Wukirsari

Umbulharjo Dikosongkan, Pengungsi Pindah ke Wukirsari
Umbulharjo Dikosongkan, Pengungsi Pindah ke Wukirsari
JAKARTA - Sebanyak 3 600 pengungsi di kawasan desa Umbulharjo, kecamatan Cangkringan, Sleman terpaksa dipindahkan ke desa yang dinilai lebih aman, yakni di kawasan desa Wukirsari. Saat ini, Umbulharjo dinilai sudah tidak aman lagi, menyusul ledakan gunung merapi Sabtu dinihari tadi. "Para pengungsi terpaksa dipindahkan, karena Umbulharjo sudah terancam awan panas, jika sewaktu-waktu merapi meletus lagi," kata koordinator pengungsi di Umbulharjo Hamid, kepada wartawan di Jogjakarta, Sabtu (30/10).

Menurut Hamid, saat ini barak pengungsian Umbulharjo dihuni lebih dari 3000 pengungsi. Sebelumnya, kata Hamid, warga yang mengungsi di sini memang hanya sekitar 2000 warga. "Namun, setelah letusan dinihari tadi, semua warga mengungsi di sini," kata Hamid. Atas pertimbangan keamanan, lanjut Hamid, kini ribuan warga pengungsi di Umbulharjo itu dipindahkan ke desa Wukirsari. Sebelum menerima limpahan dari Umbulharjo, barak pengungsian Wukirsari hanya dihuni sekitar 300 orang. Namun, kini barak itu akan dihuni sekitar 4000 an pengungsi.

Tak mengherankan, sepanjang hari Sabtu ini,  barak pengungsian Wukirsari nampak krodit karena banyaknya pengungsi yang datang. "Ya, semuanya akan kami tata sambil berjalan. Situasinya memang seperti ini, kami akan bekerja maksimal agar masyarakat mendapatkan ketenangan," kata Hamid mencoba menenangkan diri. (dib/aj/jpnn)

JAKARTA - Sebanyak 3 600 pengungsi di kawasan desa Umbulharjo, kecamatan Cangkringan, Sleman terpaksa dipindahkan ke desa yang dinilai lebih aman,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News